Tuesday 20 November 2012

TUGAS KONSEP SISTEM INFORMASI


TUGAS KONSEP SISTEM INFORMASI

1. AMBILAH CONTOH SEBUAH SISTEM DAN SEBUTKAN KOMPONEN –KOMPONENNYA

Komponen Sistem Informasi Kesehatan
 Sistem informasi mempunyai enam buah komponen, yaitu :
1. Komponen input atau masukanInput dalam sistem informasi adalah data termasuk masukan yang terlibat dalam mengolah data seperti instrument, prosedur standar, perangkat lunak, dan lain-lain.


2. Komponen prosesTahapan yang dilakukan untuk mengubah data menjadi informasi (transformasi), seperti pemasukan, pengolahan, analisa data.
3. Komponen output atau keluaran Keluaran dari sistem informasi adalah infomasi yang berkualitas yang berguna untuk semua tingkatan manajemen dan semua pemakai sistem
4. Komponen pengendalian (control) dan umpan balik (Feedback)
Mekanisme pengendalian (control mechanism) diwujudkan dengan menggunakan umpan balik (feedback) yang berdasarkan keluaran. Umpan balik ini digunakan untuk mengendalikan komponen agar system berjalan sesuai dengan tujuan, misalnya aturan/regulasi/SOP/waskat (pengawasan melekat).
5. Komponen lingkungan (environment)
Segala sesuatu yang berada di luar system. Lingkungan dapat berpengaruh terhadap operasi system dapat bersifat merugikan dan menguntungkan.

2. KAPAN SEBAIKNYA MENGGUNAKAN ARSITEKTUR TERDISTRIBUSI DAN TERPUSAT? JELASKAN JAWABAN ANDA!

ARSITEKTUR TERDISTRIBUSI/ DESENTRALISASI
Penggunaan sistem terdistribusi biasa dilakukan pada dunia perbankan. Setiap kantor cabang memiliki pemrosesan data tersendiri. Namun, jika dilihat pada operasional seluruh bank bersangkutan, sistem pemrosesannya berupa sistem pemrosesan data yang terdistribusi
Arsitektur desentralisasi merupakan konsep dari pemorosesan data tersebar (atau terdistribusi). Sistem pemrosesan data terdistribusi (atau biasa disebut sebagai komputasi tersebar). sebagai system yang terdiri atas sejumlah komputer yang tersebar padu berbagai lokasi yang di’ hubungkan dengan sarana telekomunikasi dengan masing-masing komputer mampu melakukan pemrosesan yang serupa secara  mandiri. Tetapi bisa saling berinteraksi dalam pertukaran data. Dengan kata lain sistem pemrosesan data distribusi membagi sistem pemrosesan dan terpusat ke dalam subsistem-subsistem yang lebih kecil, yang pada hakikatnya masing-masing subsistem tetap berlaku sebagai sistem pemrosesan data yang terpusat.
ARSITEKTUR TERPUSAT/TERSENTRALISASI
Kita dapat mempertahankan pemakaian Sistem Mandiri, jika kita harus mengakomodasi pemakaian oleh banyak pemakai (multi user). Arsitektur ini terdiri atas sebuah mesin server dan sejumlah terminal (yang menjadi tempat user berinteraksi dengan sistem). Yang tersentralisasi dalam arsitekur ini dapat mencakup basis data, DBMS dan aplikasi basis data atau basis data saja.contoh : semua aplikasi marketing (swalayan), nokia service

3. SISTEM INFORMASI YANG TIDAK MENGGUNAKAN KOMPUTER TETAP MEMILIKI KOMPONEN SUMBER DAYA SOFTWARE. JELASKAN PERNYATAAN TERSEBUT .

menurut aku tetep harus menggunakan sofrwere kerena dalam sistem informasi di melalui beberapa tahap yaitu : tahap input tahap pemrosesan dan tahap output dan semua itu memerlukan sofrwere untuk mempermudah semua itu.

No comments:

Post a Comment